TEKNOLOGI INFORMASI DAN KOMUNIKASI




Apa sih TIK itu?
TIK adalah teknologi yang berhubungan dengan pengambilan, pengumpulan, pengolahan, penyimpanan, penyebaran, dan penyajian informasi.
Ø  Teknologi : teknologi sering menggambarkan penemuan alat-alat baru yang menggunakan prinsip dan proses penemuan saintifik yang sangat meguntungkan bagi kehidupan manusia
Ø   Informasi : Informasi berarti hasil pemrosesan, manipulasi dan pengorganisasian sekelompok data yang memberi nilai pengetahuan (knowledge) bagi penggunanya. 
Ø   Komunikasi : suatu proses penyampaian informasi (pesan, ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain agar terjadi hubungan saling mempengaruhi di antara keduanya.
Jadi, teknologi informasi dan komunikasi adalah hasil rekayasa manusia terhadap proses penyampaian informasi dan proses penyampaian pesan (ide, gagasan) dari satu pihak kepada pihak lain sehingga lebih cepat, lebih luas sebarannya, dan lebih lama penyimpanannya.

Menurut para ahli :
1.Eric Deeson: Teknologi informasi & Komunikasi adalah kebutuhan manusia didalam mengambil & memindahkan, mengolah & memproses informasi dalam konteks sosial yang menguntungkan diri sendiri dan masyarakat secara keseluruhan.
 2.Susanto: Teknologi  Informasi & Komunikasi  adalah sebuah media/alat bantu yang digunakan untuk transfer data baik itu untuk memperoleh suatu data/informasi maupun memberikan informasi kepada orang lain serta dapat digunakan untuk alat berkomunikasi baik satu arah ataupun dua arah.

Manfaat Belajar TIK?
Pembelajaran teknologi informasi dan komunikasi dapat membantu kita untuk mengenal, menggunakan, dan merawat peralatan TIK, serta menggunakan segala potensi yang ada untuk mengembangkan kemampuan diri.
Selain itu, penguasaan TIK akan meningkatkan kualitas kehidupan di berbagai bidang melalui proses pendidikan yang berlaku pada semua tingkatan dan lintas ilmu.

Tujuan?
Agar kita memahami seluruh peralatan yang digunakan, termasuk komputer (computer literate) dan juga memahami informasi (information literate). Artinya, kita mengenal istilah-istilah yang digunakan pada TIK terutama pada komputer.
Mampu menyadari keunggulan serta keterbatasan komputer serta dapat menggunakan komputer secara optimal.
Mampu memahami bagaimana dan di mana informasi dapat diperoleh, bagaimana cara mengolah informasi serta bagaimana cara menyampaikannya.

Peralatan Teknologi Informasi dan Komunikasi
1.      Komputer
Komputer, yaitu alat untuk memanipulasi dan mengelola data berdasarkan perintah yang diberikan. Komputer dapat digunakan sebagai pengirim, penerima, pengolah, dan penyimpan informasi.
      

2.      Faksimile (FAX)
yaitu alat untuk mengirim atau menerima informasi melalui telefoto dengan sistem reproduksi fotografi. Kita dapat mengirimkan salinan isi halaman, baik berupa tulisan maupun gambar ke mesin faksimili lain melalui saluran telepon.

3.      Radio
yaitu alat penerima informasi berupa suara atau sinyal dengan menggunakan media gelombang elektromagnetik. Saat ini, radio banyak yang dilengkapi dengan pemutar kaset, CD atau perekam suara.
     
4.      Televisi
yaitu alat penerima informasi berupa gambar dan suara yang dapat menerima transmisi gambar dan suara secara langsung (real-time). Televisi mampu menerima sinyal dari pemancar gelombang/satelit maupun kabel.
           
5.      LCD Proyektor
yaitu alat penyampai informasi yang berguna untuk menampilkan informasi berupa gambar atau suara. Alat ini digunakan untuk menayangkan/ mempresen-tasikan suatu informasi yang diperoleh dari CPU komputer/Labtop.

6.      Satelit
misalnya satelit televisi. Satelit televisi menerima sinyal dan stasiun televisi kemudian sinyal dipancarkan kembali ke bumi dalam jangkauan yang luas.  Sinyal ini diterima dan diubah oleh televisi menjadi gambar dan suara.
Contoh lainnya ialah satelit telekomunikasi untuk menerima dan memancarkan sinyal telepon atau hand phone.

7.      Handphone

Yaitu alat telekomunikasi yang memiliki kemampuan mengirim dan menerima suara secara langsung. Perkembangan terbaru memungkinkan handphone mengirimkan pesan teks (SMS) dan gambar (EMS/MMS) serta mengakses saluran Internet dan televisi. Hand phone terhubung pada jaringan telepon melalui gelombang radio. Jaringan ini terhubung pada satelit telekomunikasi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Translate

INSTAGRAM FEED

@maurenintan