5 TRADISI UNIK DAN MENYERAMKAN DI INDONESIA


Indonesia merupakan salah satu negara yang memiliki kekayaan alam terbesar. Tidak hanya kekayaan alam tetapi Indonesia juga kaya akan suku dan budaya. Terdapat lebih dari 300 kelompok etnik atau suku bangsa di Indonesia, atau lebih tepatnya 1.340 suku bangsa menurut sensus BPS tahun 2010. Setiap suku pasti memiliki tradisi atau ritual sendiri-sendiri. Beberapa ada yang unik, dan tak jarang ada yang memiliki tradisi atau ritual yang aneh dan menyeramkan. Berikut adalah beberapa tradisi atau ritual aneh yang terdapat di Indonesia :

1.      Kerik gigi – Sumatra

           
Tradisi kerik gigi ini berasal dari Kepulauan Mentawai, Sumatra barat. Tradisi ini dilakukan untuk seorang wanita sebagai simbol bahwa dirinya telah cukup dewasa.
Gigi wanita tersebut akan dikerik menggunakan kayu atau alat besi sehingga lama kelamaan akan menjadi runcing. Selain tanda kedewasaaan, gigi runcing juga menjadi simbol kecantikan wanita di suku tersebut. Yang mengerikan, kerik gigi ini dilakukan tanpa menmggunakan obat bius.

2.      Ikipalin – Papua 

Ritual potong jari ini berasal dari Suku dani, Papua. Pemotongan jari dilakukan sebagai bentuk rasa berduka atas meninggalnya salah satu anggota keluarga mereka. Setiap satu anggota keluarga meninggal maka satu jari akan dipotong.

3.      Persembahan kepala manusia – Maluku

Tradisi yang selanjutnya berasal dari suku Naulu, Maluku yaitu persembahan kelapa manusia karena dipercaya dapat menjaga rumah adat milik mereka. Lebih sadis lagi, tradisi ini awalnya bertujuan untuk persembahan pernikahan. Kepala yang sudah dipenggal dijadikan mas kawin ketika seorang pria ingin meminang seorang wanita.

4.      Ma’Nene – Sulawesi


Ritual mayat berjalan (Ma’Nene) berasal dari Tana Toraja, Sulawesi. Ritual ini dilakukan setiap 3 tahun sekali. Masyarakat disana akan menggali kembali kuburan leluhur mereka kemudian mayat diangkat dari kuburnya, lalu didoakan, dibersihkan, dipakaikan baju, diarak keliling kampung dan kemudian dikembalikan lagi kedalam peti.

5.      Tradisi sunat kemudian berhubungan badan – Suku Timor Barat 


Sunat dalam ajaran agama memang diwajibkan bagi kaum adam. Tetapi ada yang berbeda dengan tradisi sunat yang dilakukan oleh remaja di Suku Timor Barat.
Tak hanya sekedar sunat saja, namun setelahnya atau dalam keadaan masih sakit karena disunat si remaja di haruskan berhubungan badan dengan para wanita yang sudah dipilihkan oleh suku tersebut.


Sumber :


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Translate

INSTAGRAM FEED

@maurenintan