DIGITIZATION, PASAR MODAL DAN PASAR GLOBAL, ELECTRONIC NETWORKS, DEMOKRASI, POLITIK GLOBAL DAN HUBUNGAN, KONSUMSI MEDIA, KESENJANGAN DIGITAL, MEDIA SOSIOLOGI, KOMUNIKATIF

§  
Digitization
Sebuah terminologi untuk menjelaskan proses alih media dari bentuk tercetak, audio, maupun video bentuk digital. Tujuan digitization adalah untuk mendapatkan efisiensi dan optimalisasi tempat penyimpanan, keamanan dari berbagai bentuk bencana untuk meningkatkan resolusi gambar dan suara lebih stabil. 
§  Pasar Modal dan Pasar Global
Disebut juga E-commerce, E-commerce yaitu segala bentuk perdagangan yang menggunakan media elektronik/internet.
Ada 3 tipe aplikasi sistem E-commerce, yaitu :
1.      Electronic Markets (EMs), adalah sebuah sistem informasi antar organisasi yang menyediakan fasilitas-fasilitas bagi para penjual dan pembeli untuk bertukar informasi tentang harga dan produk yang ditawarkan.
2.      Elektronik Data Interchange (EDI), adalah sarana untuk mengefisienkan pertukaran data transaksi-transaksi regular yang berulang dalam jumlah besar antara organisasi-organisasi komersial.
3.      Internet commerce, adalah penggunaan internet yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi untuk aktivitas perdagangan.
§  Electronic Networks (Elektonik Jaringan)
Adalah sekumpulan peralatan sebagai satu kesatuan yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk berbagi sumber daya (printer,CPU), berkomunikasi dan dapat mengakses informasi secara bersama.
§  Demokrasi, Politik Global dan Hubungan 
TIK memiliki peran dalam politik, misalnya untuk perhitungan suara (quick count) dalam proses pemilu atau pilkada.
Kegunaan TIK di bidang politik global dan hubungan:
a.      Mempercepat penyebaran informasi (dalam bidang politik)
b.      Sarana propaganda efektif
c.       Sarana penghimpun masa yang cepat dan efektif
§  Konsumsi Media
Penggunaan media menurut Snow (dalam Tubbs, 2000 : 212) yaitu untuk menciptakan dan memelihara ritme atau prilaku rutin seseorang. Misalnya saja prilaku seseorang yang terbiasa membaca surat kabar di pagi hari.
§  Kesenjangan Digital
Adalah kesenjangan antara orang-orang dengan akses informasi yang efektif dengan orang-orang yang tidak memiliki akses sama sekali. Kesenjangan digital juga dapat diklarfikasikan berdasarkan jenis kelamin, pendapatan, kelompok-kelompok ras, dan lokasi.
Contohnya : masyarakat jakarta lebih mudah mengakses/mendapatkan informasi secara  digital dibangdingkan masyarakat papua.
§  Media Sosiologi
·         Media Sosial, kita dapat berkomunikasi jarak jauh dengan menggunakan internet.
·         Proses pembelajaran dari guru kepada muridnya menggunakan proyektor.
·         Virtual Class, kita dapat melakukan proses belajar mengajar tanpa harus bertatap muka secara langsung dengan guru.
·         Video Blog, orang lain dapat melihat kegiatan sehari-hari kita melalui jaringan internet.
§  Komunikatif
Keadaan saling dapat berhubungan (mudah dihubungi) , mudah dipahami (dimegerti) sehingga pesan yang disampaikan dapat diterima dengan baik.
Komunikatif dapat diartikan juga sebagai kemampuan seseorang untuk mempergunakan bahasa yang secara social dapat diterima dan memadai.
Fungsi komunikatif untuk menyampaikan informasi antara pembicara (penulis) dan pendengar(membaca)


Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Total Tayangan Halaman

Translate

INSTAGRAM FEED

@maurenintan